Studi kasus ISD C-D

Tawuran Antar Pemuda Terjadi di Bundaran Senayan


Jakarta - Tawuran antar kelompok pemuda kembali terjadi di kawasan ibukota. Selasa (23/8), dini hari ini tawuran dilaporkan terjadi di kawasan Bundaran Senayan, Jakarta Selatan.


"Terjadi tawuran antar 2 kelompok pemuda di sekitar Bundaran Senayan, saat ini masih dalam penanganan," demikian dilaporkan TMC Polda Metro Jaya melalui akun twitternya, Selasa (23/8/2011), pukul 01.58 WIB.

Belum diketahui kelompok apa saja dan berapa orang yang terlibat dalam aksi tawuran ini. Namun, sejumlah petugas Kepolisian telah diterjunkan ke lokasi untuk mengamankan aksi ini.

Para petugas pun berhasil menemukan senjata tajam yang digunakan oleh para pelaku tawuran. Benda-benda tajam seperti golok, pedang, dan gergaji besar ditemukan pada salah satu mobil yang diduga milik pelaku tawuran.

Benda-benda tajam tersebut lantas disita dan diamankan oleh petugas Kepolisian. Hingga kini belum ada penjelasan terkait peristiwa ini.

(nvc/her)

Sumber : http://www.detiknews.com/read/2011/08/23/030319/1708801/10/tawuran-antar-pemuda-terjadi-di-bundaran-senayan


Pembahasan : 

Tawuran pemuda ini bisa terjadi karena kurangnya perhatian dari keluarga,kurang mampu melakukan adaptasi dengan lingkungan yang kompleks,kurangnya perhatian pihak sekolah,faktor lingkungan rumah dan sekolah yang buruk sehungga mempengaruhi pribada pemuda itu sendiri.


Solusi :
Untuk mengatasi tawuran antar pemuda ini bisa dilakukan kegiatan yang meliputi unsur - unsur berikut ini :

a. program harus lebih luas cakupannya daripada hanya sekedar berfokus pada kenakalan
b. program harus memiliki komponen-komponen ganda, karena tidak ada satu pun komponen yangberdiri sendiri sebagai peluru ajaib yang dapat memerangi kenakalan
c. program harus sudah dimulai sejak awal masa perkembangan anak untuk mencegah masalahbelajar dan berperilaku
d. sekolah memainkan peranan penting
e. upaya-upaya harus diarahkan pada institusional daripada pada perubahan individual,yangmenjadi titik berat adalah meningkatkan kualitas pendidikan bagi anak-anak yang kurang beruntung
f. memberi perhatian kepada individu secara intensif dan merancang program unik bagi setiap anak merupakan faktor yang penting dalam menangani anak-anak yang berisiko tinggi untuk menjadi nakal
g. manfaat yang didapatkan dari suatu program sering kali hilang saat program tersebut dihentikan,oleh karenanya perlu dikembangkan program yang sifatnya berkesinambungan




0 comments:

Post a Comment