PROPOSAL SKRIPSI
Diajukan
Oleh:
ALFIAN ASDIANTO
18111291
SISTEM INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA
TAHUN 2014
BAB I
PENDAHULUAN
Saat ini adalah zamannya internet dimana batasan waktu dan jarak tidak
berarti lagi bagi media yang satu ini. Kita dapat berkomunikasi dengan siapa
saja dan dimana saja di seluruh dunia ini dengan menggunakan fasilitas e-mail
maupun dengan cara chatting. Mungkin pada saat ini hampir setiap orang sudah
memiliki e-mail untuk dapat bergabung di internet. Namun, bagaimana dengan yang
memiliki website pribadi? Apalagi website yang merupakan hasil karya sendiri,
mungkin tidak semua orang memilikinya. Padahal dengan memiliki website kita
dapat mengenalkan diri kita pada semua orang yang ada di seluruh dunia, baik
mengenai diri kita, perusahaan kita atau segala sesuatu yang ingin kita
sampaikan. Tidak mustahil juga kita dapat memperoleh uang dengan memiliki
website pribadi, asalkan kita dapat mengelolanya dengan baik.
Pengembangan jaringan komunikasi data antar komputer menjadikan internet
muncul dengan berbagai macam aplikasi. internet dengan berbagai aplikasinya
pada dasarnya adalah media yang digunakan untuk mengefesienkan proses
komunikasi.
Untuk dapat memaksimalkan penggunaan internet, harus dapat kita tentukan
dan artikan tentang kebutuhan komunikasi dari seseorang. Salah satu aplikasinya
yaitu World Wide Web (WWW). Di awal
perkembangannya World Wide Web hanya
digunakan untuk kalangan akademisi dan riset, namun sekarang World Wide Web digunakan untuk bisnis
dan hiburan.
Informasi yang diperoleh dari internet pun bermacam-macam tergantung
dari informasi yang dibutuhkan user
(pemakai). Salah satu informasi yang dapat kita peroleh adalah banyaknya situs-situs
pendidikan mulai dari tingkatan umum (SMP/MTs) sampai dengan tingkat kampus
akademik. Oleh karena itu, dengan berkembangnya kemajuan teknologi ini, SMPN 20 Kota Tangerang Selatan perlu mempromosikan dirinya melalui
sebuah website yang online di internet. Dengan sebuah website, masyarakat dapat
dengan mudah mengakses dan mengetahui segala sesuatu mengenai SMPN 20 Kota Tangerang Selatan dengan cepat tanpa memerlukan waktu
yang banyak. Peranan website ini juga tidak terlepas dari penggunaan peralatan
yang mampu mengatasi kelemahan-kelemahan yang mengandalkan tenaga manusia.
Informasi tentang sekolah yang dapat diakses oleh semua orang melalui internet
memberikan ide bagi penulis untuk membuat suatu website sekolah yang bisa
memberikan informasi bagi para pengunjungnya.
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, penulis memandang penting
mengangkat kasus di atas ke dalam Skripsi ini dengan mengambil judul: Pembuatan Website SMPN 20 Kota Tangerang Selatan.
1.2 Identifikasi Masalah
Berdasarkan Latar Belakang Masalah
di atas, maka dapat diidentifikasikan masalah sebagai berikut:
- SMPN 20 Kota Tangerang Selatan belum memiliki sebuah website resmi sebagai media promosi, serta untuk saling berhubungan dan berbagi informasi, khususnya bagi guru, siswa dan alumni.
- SMPN 20 Kota Tangerang Selatan memerlukan sebuah media alternatif dalam penyebarluasan informasi ke publik atau masyarakat luas, agar lebih memudahkan dalam mendapatkan informasi tersebut bagi pihak-pihak yang membutuhkan.
- Dibutuhkan sarana online sebagai tempat untuk berbagi (sharing) yang dapat diakses kapan pun dan dimana pun, baik oleh siswa maupun pihak lain yang membutuhkan.
1.3 Batasan Masalah
Batasan permasalahan pada penulisan Skripsi ini adalah:
1.Dibatasi pada proses publikasi
berita, artikel, jadwal kegiatan, foto galeri dan forum online.
2.Website ini dibangun dengan
menggunakan PHP sebagai Server Side Programming dan MySQL sebagai
database servernya.
3.Memungkinkan user yang telah
terdaftar untuk mengupload foto, meng-update status, mengirim pesan,
memberikan opini atau komentar, serta menyunting data pribadi.
1.4 Tujuan Penelitian
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian dan penyusunan
Skripsi ini antara lain:
1.Membuat sebuah aplikasi (website)
untuk mempromosikan dan memperkenalkan SMPN 20 Kota Tangerang Selatan ke publik, agar lebih memudahkan kepada masyarakat
untuk mengetahui tentang SMPN 20 Kota Tangerang Selatan .
2.Memberikan alternatif web-based
application sebagai media untuk berkomunikasi, selain melalui email
dan chatting, yang memungkinkan digunakan sebagai tempat untuk memperkenalkan
atau mengekspresikan diri, khususnya antara siswa dan alumni SMPN 20 Kota
Tangerang Selatan , sehingga bisa lebih mengenal satu dengan yang lain, bisa
terwujud rasa kebersamaan dan kekompakkan, meskipun berada dalam wilayah
geografis yang berbeda.
3.Sebagai sarana online untuk
memudahkan dalam proses penyebarluasan informasi ke publik atau masyarakat
luas, khususnya yang berhubungan dengan pendidikan.
1.5 Metodelogi Penelitian
Pada penelitian ini penulis menggunakan
metode deskriptif, yaitu metode yang menggambarkan suatu keadaan atau
permasalahan yang sedang terjadi berdasarkan fakta dan data-data yang diperoleh
dan dikumpulkan pada waktu melaksanakan penelitian.
1.5.1
Metoda Pengumpulan
Data
Metoda pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini
adalah:
1. Observasi
Pengumpulan data dengan dengan
melakukan pengamatan secara langsung terhadap objek penelitian, dengan
mencatat hal-hal penting yang berhubungan dengan judul Skripsi, sehingga diperoleh
data yang lengkap dan akurat.
2. Wawancara
Pengumpulan data dengan cara melakukan
komunikasi dan wawancara secara langsung dengan pihak guru dan siswa SMPN 20 Kota
Tangerang Selatan .
3. Studi Pustaka
Pengumpulan data dengan menggunakan
atau mengumpulkan sumber-sumber tertulis, dengan cara membaca, mempelajari dan
mencatat hal-hal penting yang berhubungan dengan masalah yang sedang dibahas
guna memperoleh gambaran secara teoritis yang dapat menunjang pada penyusunan
Skripsi.
1.5.2 Metoda Pengembangan Perangkat Lunak
1.5.2 Metoda Pengembangan Perangkat Lunak
Metodelogi yang
digunakan untuk membangun sistem ini adalah Model Waterfall. Model ini merupakan sebuah
pendekatan terhadap pengembangan
perangkat lunak yang sistematik,
dengan beberapa tahapan, yaitu: System Engineering, Analysis, Design, Coding, Testing dan Maintenance.
Tahapan dari Paradigma
Waterfall dapat dilihat pada gambar berikut:
Gambar 1.1
Paradigma Waterfall (Classic Life Cycle)
(Sumber:
Roger S. Pressman)
Penjelasan
Metodelogi Waterfall:
1.System Engineering, merupakan bagian awal dari
pengerjaan suatu proyek perangkat lunak. Dimulai dengan mempersiapkan segala
hal yang diperlukan dalam pelaksanaan proyek.
2.Analysis, merupakan tahapan dimana System
Engineering menganalisis segala hal yang ada pada pembuatan proyek atau
pengembangan perangkat lunak yang bertujuan untuk memahami sistem yang ada,
mengidentifikasi masalah dan mencari solusinya.
3.Design, tahapan ini merupakan tahap
penerjemah dari keperluan atau data yang telah dianalisis ke dalam bentuk yang
mudah dimengerti oleh pemakai (user).
4.Coding, yaitu menerjemahkan data yang
dirancang ke dalam bahasa pemrograman yang telah ditentukan.
5.Testing, merupakan uji coba terhadap sistem
atau program setelah selesai dibuat.
6.Maintenance, yaitu penerapan sistem secara
keseluruhan disertai pemeliharaan jika terjadi perubahan struktur, baik dari
segi software maupun hardware.
1.6 Sistematika Penulisan
Uraian singkat mengenai struktur
penulisan pada masing-masing bab adalah sebagai berikut:
BAB I
BAB II
BAB III
BAB IV
BAB
V
BAB VI
|
PENDAHULUAN
Membahas Latar Belakang Masalah, Identifikasi Masalah, Batasan
Masalah, Tujuan
Penelitian, Metodelogi Penelitian serta Sistematika
Penulisan.
LANDASAN TEORI
Memaparkan teori-teori yang didapat dari sumber-sumber
yang relevan untuk digunakan sebagai panduan dalam penelitian serta penyusunan Skripsi.
ANALISIS
SISTEM
Menjelaskan
tentang gambaran sistem serta deskripsi dari hasil analisis sistem yang akan dijadikan sebagai
petunjuk untuk perancangan pada tahapan berikutnya.
PERANCANGAN
SISTEM
Berisi tentang Perancangan Sistem
dengan UML, Perancangan Data, Perancangan
Arsitektural, Perancangan Prosedural dan Perancangan
Antarmuka.
IMPLEMENTASI
DAN TESTING
Menjelaskan
mengenai kebutuhan hardware, software serta mengenai arsitektur
dan proses publikasi web, yaitu berupa penentuan nama domain,
kapasitas hosting serta analisis biaya.
PENUTUP
Mengemukakan kesimpulan yang diambil dari hasil penelitian dan penulisan Skripsi
ini, serta saran-saran untuk pengembangan selanjutnya, agar dapat dilakukan
perbaikan-perbaikan di masa yang akan datang.
|
DAFTAR PUSTAKA
A. Sumber Buku
Anhar. PHP & MySQL Secara Otodidak.
Jakarta: Agromedia Pustaka. 2010
Arifin, Zainal.
36 Menit Belajar Komputer: PHP dan MySQL. Jakarta: Elex
Media Komputindo. 2011
Dwi Prasetyo, Didik.
101 Tip & Trik Pemrograman PHP. Jakarta: Gramedia. 2011
Kendal,
Kenneth E. Kendal, Julie E. Systems
Analysis and Design, 8th Edition.
Prentice Hall. 2011
Lane, David. Williams, Hugh E. Web
Database Application with PHP and MySQL, 3rd Edition. O'Reilly. 2006
Munawar. Pemodelan
Visual dengan UML. Yogyakarta: Graha Ilmu. 2005
Powers, David. PHP Solutions: Dynamic Web Design Made Easy.
Apress Company. 2006
Puji Oktavian, Diar.
Menjadi Programmer Jempolan Menggunakan
PHP. Yogyakarta: Mediakom. 2011
Ramadhan, Arief. Pemrograman
Web Database dengan PHP dan MySQL. Jakarta: Elex Media Komputindo. 2006
Setiawan, Ebta. Kamus Umum Bahasa
Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. 2006
Solichin, Achmad. Pemrograman Web dengan PHP dan MySQL. Jakarta: Universitas Budi Luhur. 2009
Sunyoto, Andi. AJAX -
Membangun Web Dengan Asynchronouse JavaScript dan XML. Yogyakarta: Andi.
2007
Utdirartatmo, Firrar. Segudang Trik Pengembangan Situs Web (Memanfaatkan HTML, JavaScript dan
CSS Secara Kreatif). Yogyakarta: Andi. 2006
Vrana, Jakub. Achour, Mehdi. Betz,
Friedhelm. Dovgal, Antony. Lopes, Nuno. Magnusson, Hannes. Richter, Georg.
Seguy, Damien. PHP 5 Manual. PHP
Official Site (http://www.php.net). 2011
B. Sumber Lain
0 comments:
Post a Comment